Istilah-istilah Pada Video Editing

Istilah-istilah Pada Video Editing.

Berikut ini adalah istilah-istilah pada video editing, yaitu sebagai berikut :

Video.

Teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Yang biasanya menggunakan film, sinyal elektronik, atau media digital.

PAL ( Phase Alternating Line )

Terkait dengan dunia film dan video, PAL merupakan standar menerapkan kecepatan putar film ( frame rate ) tersendiri dan dianut region/kawasan tertentu. Teorinya semakin besar frame rate, maka semakin halus gerakan yang ditampilkan. Ini digunakan sebagian besar di eropa barat dengan menggunakan format YUV dengan frame rate 25 fps.

NTSC ( National Television System Committee )

NTSC sebenarnya hampir sama dengan standar PAL, yang berbeda hanyalah frame rate-nya yaitu 30 fps dan sebagian besar digunakan di amerika, korea, jepang, dan canada, dengan format YIQ.

AVI ( Audio Video Interleaved )

Ukuran file video berformat AVI cenderung sangat tinggi, namun dapat menyimpan film be-resolusi tinggi

Firewire/IEEE1394 Card

Singkatan IEEE sendiri adalah Institute of Electrical and Electronics Engineers, Sedangkan IEEE 1394 adalah semacam kabel serial yang dipakai mentransfer video dari handycam dengan kecepatan transfer yang tinggi sekitar 100 Mbps (Megabits per second).

DVD

Format DVD didalam komputer dikenali berformat VOB, Sistem yang dipakai oleh DVD adalah MPEG-2 dengan ukuran lebih besar. Namun kualitasnya sangat bagus baik dari audio maupun videonya.

VCD ( Video CD )

Format video dengan sistem MPEG-1, sistem audio dan video ini cukup populer meskipun tidak sejernih DVD. Di dalam komputer file VCD diwakili oleh ekstensi DAT.

SVCD ( Super Video CD )

Jika VCD kurang bagus, cobalah SVCD yang berarti super video CD. Sistemnya menggunakan MPEG-2 sehingga kualitas suara dan videonya cukup bagus. Namun, ukurannya cukup besar dibanding VCD

MPEG ( Motion Picture Expert Groub )

Ada banyak tipe MPEG dan yang dimaksud disini yaitu MPEG-1 yang berekstensi .mpg. Kualitas gambar MPEG sama dengan kualitas VCD karena VCD awalnya dari file bertipe MPEG. Resolusi gambarnya cukup rendah, yaitu sekitar 352×240 pixel.

WMV ( Widows Media Video )

Dikembangkan oleh microsoft dan format ini memiliki sejumlah keunikan. Misalnya, format file ini dapat ditransfer lewat jaringan internet dan dapat dimainkan langsung menggunakan windows media player bahkan sebelum file itu didownload secara utuh.

DV ( digital video).

Format digital yang dipakai untuk perekaman digital audio dan video. Kamera DV memakai kaset mini DV dan dapat merekam selama 60 menit, sedangkan yang kaset Standard dapat merekam selama 270 menit.

Frame

Image tunggal didalam video atau urutan animasi.

Timeline

Tempat untuk mengatur frame atau potongan-potongan video, sebelum disusun menjadi sebuah klip video utuh. Yang didalamknya anda bisa memasukkan file audio, efek suara, animasi, dan transisi.

%d blogger menyukai ini: